June 17, 2017

Tes TOEFL di LBI FIB UI

Di tulisan ini, aku mau share pengalamanku tes TOEFL di Lembaga Bahasa Internasional Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (LBI FIB UI) Depok tadi pagi. Tes tadi aku ambil untuk keperluan merancang masa depan wkwk melamar kerja maksudnya. Ada banyak alasan seseorang mengambil tes TOEFL. Bisa untuk keperluan lamar kerja seperti aku, keperluan beasiswa, atau iseng belaka. Okay langsung saja ya.

Biaya daftar tes TOEFL di LBI FIB UI sebesar Rp475.000,- (per Juni 2017). Lumayan mahal yah. Tahun lalu tarifnya masih Rp300.000,- kalau tidak salah. Kira-kira urutan tahapnya seperti ini:



Penampakan kover handbook dari ETS @ LBI FIB UI. Itu tanda tangan di pojok tak ada faedahnya ya.

  1. Cek daftar tanggal tes yang tersedia di http://lbifib.ui.ac.id/beta/archives/category/languagetest/toefl-itp
  2. Datang ke loket pendaftaran (Gedung 10 FIB UI Depok, lantai 1) untuk cek ketersediaan kuota tes, sekaligus pendaftaran.
  3. Untuk pendaftaran, siapkan uang pendaftaran yang ditentukan dan 1 fotokopi kartu identitas (aku pakai KTP biar standar). Nanti petugas loket akan memberikan form yang harus diisi dan kuitansi pembayarannya. Kartu identitas aslinya harus dibawa pas hari tes ya.
  4. Pendaftaran selesai dan segera siapin diri untuk hari tesnya!

Nama yang ditulis di lembar jawaban harus sesuai dengan nama yang di form ini ya.

Ini penampakan kuitansi TOEFL @ LBI FIB UI.

Untuk persiapan tes, kamu bisa beli buku persiapan tes TOEFL yang tebal ampun di toko-toko buku. Waktu itu aku lihat di Gramedia harga rata-rata Rp90.000,-. Ya aku lihat aja sih harganya, ngga aku beli. He he.
Instead of beli buku persiapan TOEFL, aku pilih jalan ekonomis yaitu minta ke Google. Tinggal cari dengan keyword "TOEFL practice pdf" lalu beragam pilihan latihan soal TOEFL pun terpampang. Alhamdulillah sangat membantu karena semua tipe soal ada di sana, jadi aku bisa lebih familiar dengan tipe-tipe soalnya.

Untuk persiapan lain sebelum hari tes, siapkan 1 pensil 2B, penghapus, dan rautan (untuk pensil kayu), dan KTP.

Survival Kit for the test day.
HARI TES
Tes dimulai pukul 09:00 WIB dan peserta tes diimbau untuk datang 30 menit sebelumnya untuk cek ruang kelas.
Ceritanya pea' sih hari ini. Karena rumahku cukup jauh dari UI, aku berencana berangkat dari rumah 06:30. Beg*nya aku bangun kesiangan. 06:30 baru bangun. Langsung buru-buru sikat gigi tanpa mandi, lalu tanpa babibu apapun, berangkatlah aku pukul 07:10. Untung perjalanan lancar, kereta sepi, dan sampailah aku di UI 08:05 (malah kecepetan asem wkwk).

Setelah sampai di UI, aku ke Gedung 10 FIB UI untuk cek ruang tesnya. Aku dapat di Gedung 5, ruang 5-304. Jalanlah aku ke gedung 5.

Pukul 09:00 peserta dipersilakan masuk ruang kelas lalu tes lalala selesai!
Hasil tes bisa diambil setelah 7 hari kerja. Lumayan lama sih tapi memang begitu aturannya.

Sekian cerita tes TOEFL-ku. Doain yah biar hasilnya memuaskan, dan lamar kerjanya sukses huihihi.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts